Kurikulum
SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) LABORATORIUM
Berikut sekilas gambaran tentang kurikulum SDIT Laboratorium Bhumi Menoreh.
Visi SDIT Laboratorium Bhumi Menoreh
Terwujudnya proses pendidikan yang berwawasan Islam, berjiwa Qur'ani, unggul dalam proses, berkarakter, teladan dalam sikap dan perilaku, memiliki semangat kebangsaan serta berwawasan social-global
Misi SDIT Laboratorium Bhumi Menoreh
1. Meningkatkan kesadaran peribadatan berdasar tuntunan agama Islam baik wajib maupun sunnah
2. Meningkatkan penguasaan pemafaman Al Qur'an melalui kegiatan menghafal juz 30 dan pembelajaran Tafsir
3. Meningkatkan penerapan pola Islamic parenting dan layanan pendidikan dengan pendekatan psikologi dalam pendampingan peserta didik
4. Meningkatkan minat dan bakat peserta didik melalui aneka kegiatan pengembangan diri
5. Meningkatkan pembentukan sikap tanggungjawab, keberanian, kreatifitas, inovatif serta rasa kebersamaan melalui kegiatan outbound secara periodic
6. Mewujudkan profil pribadi muslim-muslimah vang, bisa menjadi teladan baik teman, peserta didik serta masyarakat dan lembaga
7. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bahasa Inggris aktif melalui kegiatan English Speaking
8. Meningkatkan wawasan dan pemahaman peserta didik terhadap lingkungan alam, social-budaya melalui kegiatan studi dalam berbagai bidang, outingclass serta bakti social secara periodic, sebagai upaya meningkatkan sikap kritis, kreatif dan inovatif dan kepedulian social
9. Meningkatkan prestasi akademik melalui berbagai kegiatan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten
Tujuan pendidikan SDIT Laboratorium Bhumi Menoreh
1. Mewujudkan proses pendidikan yang mengintegarikan nilai-nilai keislaman berdasar Al Qur'an dan nilai kebangsaan
2. Mewujudkan proses pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter peserta didik yang Islami, cerdas, kreatif, kritis dan inovatif
3. Mempertajam proses pembelajaran yang mengedepankan Pembelajaran Kontekstual ( Contekstual Teaching Learning ) dengan menjadikan lingkungan alam, socialbudaya menjadi sumber, media, strategi dan pendekatan pembelajaran melalui kegiatan in clan learning maupun outingclass learning
4. Memberikan pembekalan ketrampilan bahasa Inggris aktif melalui pembelajaran English Speaking
5. Mewujudkan proses pendampingan peserta didik dengan pola Islamic Parenting dan pendekatan psikologis
6. Mewujudkan prestasi sekolah melakukan kegiatan LCC, OSN dan olah raga baiktingkat kecamatan maupun kabupaten pada urutan 1/ 2/ 3
Profil lulusan :
1. Memiliki akidah yang lurus
2. Melaksanakan ibadah yang benar
3. Memiliki akhlak yang baik
4. Secara akademis mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya
5. Menguasai IPTEK dasar
6. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris
7. Hafal Al Qur’an juz 30 beserta isi kandungannya
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
Struktur kurikulum SDIT Laboratorium, Bhumi Menoreh disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a) Kurikulum SDIT Laboratorium, Bhumi Menoreh memuat 8 mata pelajaran, 3 muatan lokal, 3 Kurikulum Yayasan, dan pengembangan diri.
b) Pembelajaran pada kelas I s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan tematis danmata pelajaran.
c) Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 30 menit.
d) Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu.
STRUKTUR KURIKULUM SDIT LAB. BHUMI MENOREH
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
| ||
I dan II
|
III
|
IV, V, VI
| |
A. Mata Pelajaran
| |||
1. Pendidikan Agama Islam
|
2
|
2
|
3
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
6
|
6
|
4. Matematika
|
4
|
6
|
6
|
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
2
|
3
|
3
|
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
3
|
3
|
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
8. Penjasorkes
|
3
|
3
|
3
|
B. Muatan Lokal
| |||
1. Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2. Baca Tulis Al Qur’an
|
7
|
7
|
7
|
3. Bahasa Inggris
|
2
| ||
C. Kurikulum Yayasan
| |||
1. Speaking
|
2
|
5
|
4
|
2.Tafsir Al Qur’an
|
3
|
4
|
4
|
D. Pengembangan Diri
| |||
1. Wajib
| |||
a. Pidato
|
2
|
2
| |
b. Tahfidzul Qur’an
|
5
|
5
|
5
|
c. TIK
|
2
|
2
| |
d. Outbound (integral Penjasorkes)
|
4*
|
4*
| |
e. Pramuka
|
2
|
2
| |
2. Pilihan
| |||
a. Qiroatil Qur’an
|
2
|
2
| |
b. Beladiri, karate
| |||
c. Jurnalistik
| |||
d. Pengembangan akademis MIPA
| |||
e. Sepak bola
| |||
f. Drumband
| |||
Jumlah
|
40
|
56
|
58
|
Komentar
Posting Komentar