Profil SD IT Laboratorium
Terwujudnya proses pendidikan yang berwawasan Islam, berjiwa Qur'ani, unggul dalam proses, berkarakter, teladan dalam sikap dan perilaku, memiliki semangat kebangsaan serta berwawasan social-global
- Meningkatkan kesadaran peribadatan berdasar tuntunan agama Islam baik wajib maupun sunnah
- Meningkatkan penguasaan pemafaman Al Qur'an melalui kegiatan menghafal juz 30 dan pembelajaran Tafsir
- Meningkatkan penerapan pola Islamic parenting dan layanan pendidikan dengan pendekatan psikologi dalam pendampingan peserta didik
- Meningkatkan minat dan bakat peserta didik melalui aneka kegiatan pengembangan diri
- Meningkatkan pembentukan sikap tanggungjawab, keberanian, kreatifitas, inovatif serta rasa kebersamaan melalui kegiatan outbound secara periodic
- Mewujudkan profil pribadi muslim-muslimah vang, bisa menjadi teladan baik teman, peserta didik serta masyarakat dan lembaga
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bahasa Inggris aktif melalui kegiatan English Speaking
- Meningkatkan wawasan dan pemahaman peserta didik terhadap lingkungan alam, social-budaya melalui kegiatan studi dalam berbagai bidang, outingclass serta bakti social secara periodic, sebagai upaya meningkatkan sikap kritis, kreatif dan inovatif dan kepedulian social
- Meningkatkan prestasi akademik melalui berbagai kegiatan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten
- Mewujudkan proses pendidikan yang mengintegarikan nilai-nilai keislaman berdasar Al Qur'an dan nilai kebangsaan
- Mewujudkan proses pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter peserta didik yang Islami, cerdas, kreatif, kritis dan inovatif
- Mempertajam proses pembelajaran yang mengedepankan Pembelajaran Kontekstual ( Contekstual Teaching Learning ) dengan menjadikan lingkungan alam, socialbudaya menjadi sumber, media, strategi dan pendekatan pembelajaran melalui kegiatan in clan learning maupun outingclass learning
- Memberikan pembekalan ketrampilan bahasa Inggris aktif melalui pembelajaran English Speaking
- Mewujudkan proses pendampingan peserta didik dengan pola Islamic Parenting dan pendekatan psikologis
- Mewujudkan prestasi sekolah melakukan kegiatan LCC, OSN dan olah raga baik tingkat kecamatan maupun kabupaten pada urutan 1/ 2/ 3
D. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SDIT Laboratorium Bhumi Menoreh meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
1. Kurikulum SDIT Laboratorium Bhumi Menoreh memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
2. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/MI merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
3. Pembelajaran pada Kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
4. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
5. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
6. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
Struktur kurikulum SD IT Laboratorium Bhumi Menoreh
Tahun Pelajaran 2013/2014
Uraian
|
Jumlah Jam/Kelas
| |||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
| |
A. Mata Pelajaran
| ||||||
1. Pendidikan Agama Islam
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
6
|
4. Matematika
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
6
|
5. Ilmu Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
B. Muatan Lokal
| ||||||
1. Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
C. Kurikulum Yayasan
| ||||||
1. Speaking (terintegrasi Mulok Bahasa Inggris
|
2*
|
2*
|
4*
|
4*
|
4*
|
4*
|
2. Tafsir Al Qur’an
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3. Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
D. Pengembangan Diri
|
2
|
2
|
2
|
2
| ||
1. Spontan
| ||||||
2. Rutin
| ||||||
3. Insidental
| ||||||
4. Terprogram
| ||||||
Jumlah
|
32
|
32
|
47
|
47
|
47
|
47
|
Komentar
Posting Komentar